Auto Kultur 2022 – Unofficial Coverage

Sedikit Disclaimer dari penulis:

Hey guys! Sudah lama nih kita tak bersua di website ini. Mohon maaf ya karena kami vakum cukup lama. Memang tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi di depan. Long story short, di tahun 2019-2022 banyak yang sudah terjadi bagi gue (Wailan) sebagai founder, Iman (Co-founder), dan Azka (Co-Founder). Karena kebutuhan masing-masing, kita terpaksa harus fokus kepada kesibukan pekerjaan kita masing-masing untuk menafkahi keluarga. Seperti yang kalian ketahui, blog ini adalah proyek hobi untuk melampiaskan kesenangan kita pada dunia otomotif. So, mungkin di akhir tahun 2022 ini merupakan awal yang baru dari Rolledlife.com.


Anyway, weekend kemarin gw dateng ke Auto Kultur 2022. Event besutan Euro Retro Enthusiast dan beberapa partner mereka. Gue, kebetulan mendapatkan undangan sebagai anggota hura-hura dari komunitas E36 Bintaro. Jadilah gue bergegas kesana. Gue juga sekaligus bertemu teman-teman senior, mas Indra Goin, mas Didiet yang juga sebagai event organizers dari acara tersebut.

Auto Kultur-3

Maka bergegaslah gue ke area Edutown Drift BSD, lokasi di mana Auto Kultur 2022 berlangsung. Tentunya membawa E36 kesayangan gue!. (^_^)

Auto Kultur-2

Sempat juga papasan sama E30 kencangnya mas Jureq dari K18 Engineering. E30 dengan velg Braid Wheels ini menarik banget menurut gue. Karena jarang aja yang kepikiran masang velg ini. Mewah juga lho harga velg ini guys. Hehe

Auto Kultur-28

Mulai lah gue masuk ke area Auto Kultur 2022. Mohon maaf, gak ada foto area gerbangnya. Tapi jujur menurut gue, acara Auto Kultur 2022 ini benar-benar lengkap untuk sebuah event. Karena memang ternyata dikelola oleh orang-orang profesional di bidangnya. Mulai dari jarang terlihat sampah berserakan di area mobil, ada panggung dengan kualitas oke, sound juga oke, dan ada acara-acara yang di kemas di Auto Kultur 2022. Pokoknya, kita bisa dibilang gak gabut lah ketika ikut acara mobil seperti ini. Ada elemen hiburan yang cocok dengan anak mobil dan tersajikan dengan baik.

Sekarang kita masuk ke mobil-mobil yang cukup menarik perhatian gue di event ini. Yuk langsung aja kita mulai!

Auto Kultur-4

Di awal masuk, perhatian gue langsung tertuju dengan Toyota Hilux ini. Gue kurang paham ini Toyota Hilux tipe apa. Apakah ini versi yang surf atau bukan, yang jelas ini mobil keren sih menurut gue. Balutan warna biru, ban BF Goodrich, dan segala accessories yang terpasang pas di mobil ini.

Auto Kultur-5

Lanjut ke Honda CR-X dari booth Turbo Bastard Wheels. Velg ini ternyata buatan lokal guys. Tapi kualitasnya ok banget, dan dia menawarkan turbo disc yang bisa dipasang di velgnya. Tampilannya langsung berubah drastis. Mobil ini jadi makin garang! Ternyata velg lokal juga bisa sebagus dan sekeren ini. Salut buat kalian!

Auto Kultur-6
Auto Kultur-7

Lalu, mata gue langsung tertuju pada kedua mobil ini ketika masuk ke area display Auto Kultur 2022. Toyota Starlet dan Suzuki Ignis yang sama-sama mobil perkotaan ini ternyata jadi kece banget dipasang Roof Rack, Roof Box, dan Roof Tent gitu seperti di Toyota Starlet.

Sedikit ngebahas soal aliran modif seperti ini. Ternyata aliran OEM Look yang berpadu sama aliran camper ini makin terkenal. Menurut gue ya. Terutama di masa pandemi. Karena gue jujur ketika merestorasi kecil-kecilan Isuzu Panther bokap, juga terinspirasi dari video-video camper di Youtube. Mungkin karena pandemi Covid-19 yang menutup banyak akses publik, jadi membuat orang tertarik ke hal baru. Contohnya ya seperti ini.

Auto Kultur-14
Auto Kultur-15

Ketika gue mulai muter-muter, gue pun terkagum-kagum dengan Toyota MR-2 milik mas Sarjana Jujur alias mas Diwan, pemilik bengkel velg Eurovolution. Sejak gue kenal mas Diwan, memang gak pernah salah sih belio mendandani mobil-mobilnya. Mau itu mobil eropa, jepang, pokoknya tetep kece. Coba deh kalian lihat fitmentnya. Gak perlu excessive cambers, tapi mobil ini kece aja gitu. Sama seperti gue melihat BMW Z3 milik mas Diwan dulu. Gak aneh-aneh, tapi kesannya ‘wah’ aja gitu.

Auto Kultur-12

Ada 3 Honda Estilo yang berjejer manis seperti ini. Kamu pilih yang mana? Setelan gahar menggunakan velg Mugen, setelan stance manis dengan BBS RS, atau OEM seperti baru keluar showroom. Menurut gue, semua aliran yang gak merusak kodrat mobil ini, pasti cakep sih. Ya kalau dibikin cabrio kan kacau. Haha

Auto Kultur-8

Slammed Beetle gak pernah salah. Apalagi kalau eksekusinya pas. Seperti VW Beetle ini. Warnanya adem banget di mata gue. Sukak deh pokoknya!

Auto Kultur-9

VW Kombi legendaris ini sudah pernah gue lihat di acara Euro Retro dari bertahun-tahun lalu. Tapi selalu gue foto. Karena warna yang begitu manis, dan kondisinya yang terawat. Salut deh kepada ownernya!

Auto Kultur-13
Auto Kultur-20

Lanjut ketika muter-muter, gue ketemu dengan E36 Suwor besutan mas Paul dan temannya. E36 Cabrio dengan fitment yang pas, dan E36 sedan dengan setelan yang berani. Dua-duanya bikin pangling euy.

Auto Kultur-16

E30 pre-facelift yang bagus begini, emang sejatinya keluar di acara-acara seperti ini. Kudos buat owner yang tetep merawat mobil ini dalam kondisi mint. Setelannya juga asik banget!.

Auto Kultur-17

Jarang juga kan melihat W202 nyetel seperti ini. Mau pakai velg OZ dengan ban Meaty, slammed, atau pendek manis dengan BBS LM? Ketiganya punya daya tarik masing-masing sih.

Auto Kultur-19

Tapi salah satu yang bikin pangling ya CLK milik om Adam Aliefan dengan Rotiform Tuf-R. Ternyata manis lho masuk ke body yang bulet-bulet kayak CLK ini. Cakep om!

Auto Kultur-24

Di sisi lain gue juga ketemu CLK dengan velg Carlsson begini. Ternyata manis yah. Memang CLK mobil 90an yang begitu memikat. Haha!

Auto Kultur-22

Lanjut ke E34 dari om Wesi Ilham dari Sukabumi. Jauh-jauh dateng dari Sukabumi, dan setelannya pol banget! Semoga one day ada kesempatan untuk ngeliput mobil ini luar-dalam. Really dig into this car!

Auto Kultur-18

Sebuah penampakan yang jarang. Yuk dinikmati aja setiap detail dari mobil ini. Kalau gue sih doyan banget sama velg, dan high beam / fog lamp dari mobil ini!

Auto Kultur-23

Lanjut dengan VW Golf MK1 dengan mesin 4A-GE. Ketika gue kepo-in, ternyata mobil ini adalah hasil konversi dari 4 door ke 2 door. Tapi hasilnya luar biasa rapih. Salut kepada buildernya.

Auto Kultur-21

Peugeot 405 ini juga menarik perhatian gue. Karena jarang banget Pug disandingkan dengan velg jepang seperti Wedsport Tc05. Cakep om!

Auto Kultur-25

Lanjut ketika matahari sudah mulai turun, gue sempat memotret mobil E30 “Jojon” milik mas Faisal Cul. Mobil ini ganteng sih. Perpaduan warna dan velgnya cakep!

Auto Kultur-26
Auto Kultur-27

Sesi foto-foto sekaligus cari keringat gue, diakhiri dengan kedua mobil ini dari Dream Wheels Project. Ternyata pas banget ya setelan BMW X5 dengan velg ACS dan Volvo ini untuk dijadikan campervan. Gak sembarangan, tendanya pakai Thule lho. Kebayangkan harganya semahal apa? hehe.


Itu dia akhir dari sesi foto-foto gue. Buat kalian yang mau versi hi-resnya, sok DM aja ke ig gue, @wailanrawung. Anyway, gue juga sempet bikin video kecil-kecilan pakai hp. Sok ditonton! Hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.